POLITEKNIK KESEHATAN KARTINI BALI LAKSANAKAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) Januari 2020

Politeknik Kesehatan Kartini Bali melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Lingkungan Antap Kelurahan Panjer Kecamatan Denpasar Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan pada 17-31 Januari 2020, diawali dengan serah terima mahasiswi Politeknik Kesehatan Kartini Bali oleh Direktur Politeknik Kesehatan Kartini Bali kepada Lurah Panjer pada Pertemuan Tingkat Desa (PTD). Kegiatan PKL diakhiri dengan Pertemuan Tingkat Akhir (PTA) pada hari Jumat (31 Januari 2020). PTA dihadiri oleh Camat Denpasar Selatan yang diwakili oleh Sekertaris Camat, Kepala Puskesmas Denpasar Selatan, Ketua PD IBI Provinsi Bali dan PC Denpasar, Ketua Yayasan Kartini Bali, Direktur Politeknik Kesehatan Kartini Bali yang diwakili oleh wakil direktur I, Ibu PKK, Kader, Jumantik, Masyarakat dan seluruh mahasiswi peserta PKL.

Direktur Politeknik Kesehatan Kartini Bali Dr. Ketut Novia Arini, S.ST, M.Kes menyampaikan PKL ini merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi dengan melaksanakan asuhan kebidanan komunitas yang diikuti oleh 42 mahasiswi semester enam. Program yang dijalankan selama PKL di antaranya pertemuan tingkat desa (PTD), Survey Mawas Diri ( MMD) dan berakhir dengan Pertemuan Tingkat Akhir ( PTA). “PKL ini sangat bermanfaat untuk mahasiswi. Mereka bisa mengenal karakteristik masyarakat yang sebenarnya, terutama di Perkotaan. Karena ketika tamat nanti, setidaknya mereka memiliki pengalaman dalam menghadapi masyarakat. Adapun kegiatan yang dilaksanakan sewaktu PKL antara lain: penyuluhan terkait PHBS seperti merokok, pemberantasan jentik (PSN), penyuluhun HIV/AIDS dan kenakalan remaja, penyuluhan ASI eksklusif, dan KB serta kegiatan posyandu “katanya.

Lurah Panjer mengapresiasi PKL Politeknik Kesehatan Kartini Bali di Kelurahanya. Warga juga menyambut baik, karena dinilai sangat bermanfaat. Lurah menegaskan akan menindaklanjuti kegiatan yang sudah dilakukan mahasiswi Politeknik Kesehatan Kartini Bali dalam upaya hidup sehat dengan memaksimalkan peran kader-kader Lingkunagan Antap khususnya.

Kegiatan PKL diakhiri dengan Pertemuan Tingkat Akhir (PTA). PTA berlangsung haru, sebab mahasiswi peserta PKL yang sudah dianggap menjadi bagian dari warga setempat, harus meninggalkan tempat PKL setelah mengabdikan diri selama dua minggu. Sebagai salam perpisahan mahasiswi menyerahkan sejumlah kenang-kenangan seperti: peta wilayah dusun, piagam dan plakat.