PELATIHAN AKUPRESUR DALAM KEBIDANAN RABU, 30 AGUSTUS 2023

Bidan memiliki peran yang penting dalam memberikan asuhan secara komprrehensif bagi kesehatan Ibu dan Anak. Pelayanan kebidanan lebih menonjolkan pada asuhan yang bersifat preventif dan promotif. Selama masa kehamailan banyak ketidaknyamanan yang dirasakan oleh ibu baik secaara fisik maupun psikologis. Asuhan saying ibu merupakan salah satu metode yang bisa diterapkan agar ibu dapat menjalani kehamilan, persalinan dan masa nifas dengan aman dan nyaman. Salah satu contoh penerapan Asuhan saying ibu secara non farmakologi adalah terapi Akupresur dalam mengurangi ketidaknyaman yang dirasakan ibu.

            Akupresur merupakan terapi komplementer dengan prinsip healing touch yang lebih menunjukkan perilaku caring pada pasien sehingga dapat memberikan perasaan tenang, nyaman dan rileks. Melalui terapi akupresur, tubuh akan melepaskan ketegangan otot, meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kekuatan hidup energi tubuh (qi) untuk membantu penyembuhan. Terapi akupresur dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan meringankan nyeri otot punggung (Noviyanti,2016).

            Program studi Diploma III Kebidanan yang telah memilih Akupresur sebagai salah satu bagian dari terapi komplementer yang merupakan keunggula dari Prodi. Dimana sebagai seorang bidan dalam memberikan Asuhan Sayang Ibu, pemberian terapi akupresur akan membantu ibu merasa lebih nyaman dan mengurangi penggunaan terapi farmakologi seperti penggunaan obat-obat selama kehamilan.

            Politeknik Kesehatan melaksanakan pelatihan yang yang telah terselenggara pada Hari Rabu, 30 Agustus 2023 di Ruang Teratai kampus politeknik Kesehatan Kartini Bali. Pada kegiatan ini diiisi oleh Narasumber yang kompeten dalam bidangnya yaitu Dr. Teguh Setiawan Wibowo, M.M.,M.Si.,M.Farm.,Apt. Pelatihan diikuti oleh 35 peserta yaitu 16 peserta eksternal dan 19 peserta internal. Adapun manfaat yang diperoleh peserta adalah materi, sertifikat dari LPTK Prima Gemilang, serta oil untuk massage. Selain teori peserta juga memperoleh kesempatan untuk mempraktekan teknik-teknik akupresur khususnya pada titik-titik akupoint utk meredakan kehamilan, persalinan dan nifas. Sampai jumpa pada pelatihan pelatihan selanjutnya.

            Kegiatan berjalan dengan lancar dan para peserta memperoleh banyak hal baru khususnya terkait akupresur dalam asuhan kebidanan. Semoga ilmu yang diperoleh dapat diterapkan pada klien sehingga akan memberikan manfaat bagi bidan dalam meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan yang diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *