ACARA AKREDITASI PROGTAM STUDI DIV KEBIDANAN DAN PROFESI BIDAN POLITEKNIK KESEHATAN KARTINI BALI

 

Program Studi DIV Kebidanan dan Profesi Bidan di Politeknik Kesehatan Kartini Bali telah resmi beroperasi sesuai ijin dari LAMPT-Kes sejak tahun 2020 lalu. Setelah dua tahun berjalan wajib dilakukan reakreditasi untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Prodi DIV Kebidanan dan Profesi Bidan pada khususnya. Proses penyusunan borang akreditasi telah dilaksanakan selama kurang lebih empat bulan dan akhirnya dilakukan proses Assesmen Lapangan secara offline oleh tim Assesor dari LAMP-PTKes.

Proses Akreditasi berlangsung selama empat hari yaitu pada tanggal 11 Mei 2022 hingga 14 Mei 2022. Hadir tiga orang Assesor dari LAMPT-Kes antara lain:

  1. Ismarwati, SKM.,S.ST.,MPH.
  2. Anik Kurniawati, S.ST.,M.Keb
  3. Meti Widiya Lestari, S.ST.,M.Keb

Rangkaian proses akreditasi diawali dengan pembukaan, pemaparan sekilas tentang Institusi Politeknik Kesehatan Kartini Bali oleh Direktur dan pemaparan terkait Prodi DIV Kebidanan dan Profesi Bidan oleh Kaprodi. Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke lahan praktik antara lain, RS TK II Udayanan, Puskesmas I Denpasar Selatan dan PMB Ni Ketut Nuriasih. Proses akreditasi juga melalui tahap visitasi sarana prasarana yang menunjang proses pembelajaran di Prodi DIV Kebidanan dan Profesi Bidan, wawancara dengan stake holder yaitu Ketua PD IBI Provinsi Bali dan Dinas Kesehatan Provinsi Bali, wawancara dengan dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa, serta pemeriksaan dokumen-dokumen terkait yang menunjang proses pembelajaran di Prodi DIV Kebidanan dan Profesi Bidan.

Seluruh proses mulai dari persiapan, penyusunan dokumen borang dan kegiatan visitasi ini kami jalani dengan tujuan ingin meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Prodi DIV Kebidanan dan Profesi Bidan serta sebagai bentuk tanggungjawab kami kepada masyarakat yang telah memepercayakan pendidikannya di Politeknik Kesehatan Kartini Bali. Harapan kami semoga hasil akreditasi ini sesuai dengan keinginan kita bersama dan Politeknik Kesehatan Kartini Bali semakin dipercaya dan menjadi pilihan yang tepat bagi para calon tenaga kesehatan masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.